TENTANG KAMI

Penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas akan menghasilkan generasi yang selama ini diidamkan oleh ummat dan masyarakat demi terbentuknya insan kamil.

Penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran merupakan tanggungjawab pemerintah, masyarakat dan kita semua untuk mencetak kader generasi muda baik sebagai individu yang sholeh maupun ummatan wasathon- yang berakidah benar, qur’ani dan berakhlak karimah sehingga bisa menjadi generasi khoiru ummah. Persiapan tersebut tentu saja harus dilakukan sejak dini dan bersifat multidimensional yang mencakup aspek imtaq, iptek, mental dan skill.

Dalam kontek itulah Pondok Pesantren Rafah hadir di tengah-tengah masyarakat untuk berkhidmah kepada ilmu dan santri walau dengan kemampuan yang terbatas. Lembaga ini bernaung dibawah Yayasan Ar Rahmah, didirikan pada tahun 1999 dan dipimpin oleh KH. Muhammad Nasir Zein, MA dengan membawa misi melahirkan kader ulama intelek yang amilin (berkiprah nyata) dengan manhaj ahlussunnah wal jama’ah.

Mulai tahun ajaran 2009 – 2010 Pondok Pesantren Rafah membuka kurikulum pendidikan Tarbiyatul Mu’allimin Al Islamiyyah (TMI) program Reguler / MTs dan MA dengan jenjang pendidikan 6 tahun untuk lulusan MI/SD. Dan mulai tahun ajaran 2011 – 2012 dibuka Program Intensif / MA dengan jenjang pendidikan 4 tahun untuk untuk lulusan SMP/MTs, didukung dengan program unggulan hafalan Al Qur’an, kemampuan percakapan harian dengan Bahasa Arab dan Inggris serta praktek berorganisasi dan pengembangan kemampuan / skill lainnya.

Alhamdulillah pada bulan Sya’ban 1432 H / Agustus 2011 M Pondok Pesantren Rafah mendapatkan mu’adalah / persamaan dari Jami’ah Islamiyyah Al Madinah Al Munawwaroh.Dan pada tahun 2016 TMI rafah mendapatkan SK Mu’adalah Mu’allimn dari Menteri Agama RI yang diserahkan langsung pada Acara Peringatan 90th Pondok Modern Gontor Ponorogo pada hari Jum’at, 01 Dzulhijjah 1437 H / 02 September 2016 M.

Dengan kurikulum TMI – Satuan Pendidikan Mu’adalah tersebut diatas diharapkan para santri bisa menjadi kader umat yang qur’ani, bertafaqquh fiddin, menjadi ulama da’i dan da’i ulama, orientasi kemasyarakatan dan bisa melanjutkan jenjang pendidikan baik dalam negeri maupun luar negeri dengan dasar nilai Qur’ani sehingga menjadi generasi khoiru ummah yang diharapkan.

LANDASAN PEMIKIRAN

“Dan hendaknya ada di Antara kamu segolongan umat menyeru kepada kebajikan, menyuruh yang ma’ruf dan mencegah yan munkar, mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS Ali-Imron : 104)
“…niscaya Allah SWT. akan meniggikan orang-oran yang beriman diantara kamu dan orang-ornag yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah SWT. Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS Al-Mujadilah : 11)
“Tidak sepatutnya bagi orang-orang yang mu’min itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan diantara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatana kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya supaya mereka itu dapat menjaga dirinya.” (QS At-Taubah : 122)

VISI & MISI PONDOK PESANTREN RAFAH

“TERBENTUKNYA GENERASI QURANI”

Membentuk kader ulama yang amilin dengan aqidah yang benar dan berakhlak karimah.

Membentuk intelektual ulama dan ulama yang intelektual

Membentuk ulama da’I dan da’I ulama.

BEBAN BELAJAR & TENAGA PENDIDIK

BEBAN BELAJAR SANTRI

Pesantren menetapkan beban belajar santri sebagai berikut :

Jam Pembelajaran di kelas untuk setiap mata pelajaran dialokasikan 45 menit/mata pelajaran dengan jadwal sbb :

Jam I : 07.30 – 08.15

Jam II : 08.15 – 09.00

Jam III : 09.00 – 09.45

Istirahat : 09.45 – 10.15

Jam IV : 10.15 – 11.00

Jam V : 11.00 – 11.45

Istirahat : 11.45 – 13.40

Jam VI : 13.40 – 14.20

Jam VII : 14.20 – 15.00

  1. Beban belajar kegiatan tatap muka di kelas permingu adalah 35 jam pembelajaran.
  2. Alokasi waktu untuk penugasan tersturtur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur dilaksanakan pada waktu sore dan malam hari.
  3. Alokasi waktu untuk praktek adalah seluruh waktu yang dimiliki anak dari bangun tidur sampai tidur kembali.
TENAGA PENDIDIK & SANTRI

TENAGA PENDIDIK SATUAN PENDIDIKAN MUADALAH RAFAH

Tamatan S2 dan S1 dari berbagai perguruan tinggi negeri / swasta seperti Jami’ah Islamiyyah Madinah, IPB Bogor, UIKA Bogor, Umiversitas Brawijaya Malang, LIPIA Jakarta, UNIDA Gontor dan Huffadz dari pesantren tahfidz Al Qur’an Demak, Kudus , Jepara, Bogor dll.

KEADAAN SANTRI

Santri berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, walaupun yang mendominasi dari daerah Jabodetabek. Seluuh santri wajib bermukim di asrama dan mengikuti segala disiplin dan kegiatan di pondok. Jumlah santri untuk tahun ajarab 2019/2020 berjumlah 503 santri putra semua.

TINGKATAN PENDIDIKAN

  1. Kelas Reguler – Wustho dan Ulya (masa pendidikan 6 tahun untuk lulusan MI/SD
  2. Kelas Intensif – Ulya (masa pendidikan 4 tahun untuk lulusan MTs/SMP